Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

Sapi-sapi dengan bobot tubuh besar memang kerap memancing banyak perhatian masyarakat bahkan banyak sekali ajang kompetisi yang diadakan untuk memamerkan sapi-sapi dengan bobot di atas rata-rata ini di depan khalayak ramai. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di seluruh dunia. Berikut adalah Jenis Sapi Jumbo Terbesar di dunia versi Dunia Sapibagus:

  1.   Brahman

Sapi jenis Brahman ini berasal dari Negara India yang merupakan keturunan Boss Indiscuss atau sapi Zebu. Jenis sapi ini memiliki pertumbuhan ADG atau bobot harian yang relatif cepat, hampir sama seperti jenis sapi Limousin dan Simmental dan memiliki banyak keunggulan.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

Keunggulan Jenis Sapi Jumbo Terbesar brahman antara lain tahan terhadap cuaca extrem dan berbagai jenis penyakit. Pemberian pakan yang mudah karena adaptif. Dengan berbagai macam keunggulan ini, sapi brahman banyak disilangkan dengan jenis sapi lain dan menghasilkan jenis baru seperti sapi brangus, simbrah, braford, dan brahman cross. Bobot badan yang dimiliki oleh pejantan brahman bisa mencapai 1 ton dan betinanya mencapai 700 kg. Sapi Brahman ini juga banyak dikembangkan di Indonesia karena banyak impor dari Australia yang memang fokus memelihara jenis sapi Brahman cross.

  1.   Belgian Blue

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Belgian Blue memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis sapi lain, yaitu adanya double muscle atau perototan ganda. Sementara ini, sapi Belgian Blue di Indonesia masih belum dibudidayakan oleh masyarakat karena masih dalam tahap uji coba. Jenis sapi yang berasal dari Belgia ini memiliki performa dan postur tubuh yang luar biasa gagah dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

Sapi ini kerap masuk ke dalam list sapi-sapi terbesar di dunia karena memang struktur tubuhnya yang memiliki perototan ganda dan bobot tubuh yang sangat luar biasa, bahkan mampu mencapai lebih dari satu ton. Saat ini, jenis sapi Belgian Blue sudah mulai dikembangkan di Indonesia juga, lho.

  1.   Chianina

Chianina adalah salah satu jenis sapi yang berasal dari Italia yang saat ini dipelihara terutama untuk penghasil daging sapi. Jenis sapi ini adalah ras sapi terbesar dan salah satu ras sapi tertua di dunia. Dipercaya bahwa ras Chianina dimulai pada sekitar 1500 SM, berasal dari hewan Asia dan Afrika yang dibawa ke Italia. Sapi Chianina adalah jenis sapi tertinggi dan terberat. Pejantannya memiliki bobot sekitar 1,2 – 1,5 ton, sedangkan betinanya sekitar 800 kg – 1 ton.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

  1.   Angus

Jenis sapi Angus berasal dari bangsa sapi Taurus yang berasal dari Skotlandia bagian timur laut, tepatnya di wilayah Aberdeen, Banff, Kincardine, dan Angus. Wilayah ini berbatasan langsung dengan North Sea dan merupakan wilayah berbukit dengan curah hujan merata dan pertumbuhan rumput yang cukup baik.

Sapi ini memiliki keunggulan dalam hal kesuburan, daya hidup pedet, dan bobot lahir. Meskipun berasal dari daerah subtropis, sapi Angus dapat menyesuaikan diri dengan pakan yang diberikan, dan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis. Bobot badan yang dimiliki oleh sapi Angus jantan bisa mencapai 1,1 ton, sedangkan sapi betinanya memiliki bobot badan sekitar 800 kg.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

  1.   Simmental

Simmental adalah salah satu ras sapi tertua di dunia. Namanya berasal dari nama sebuah lembah dari Sungai Simme di daerah Bernese Oberland, Cantonese Bern, Switzerland. Sejak zaman dahulu, Sapi Simmental banyak diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya karena memiliki keseimbangan yang sangat baik antara jumlah susu dan daging yang dapat dihasilkan dibandingkan dengan jenis sapi lain. Mereka memiliki tubuh yang besar dan perototan yang baik. Jenis sapi Simmental dapat bervariasi mulai dari 700 kg sampai di atas 1 ton.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

  1.   Limousin

Limousin adalah jenis sapi yang dikembangkan pertama kali di Negara Prancis, tepatnya di daerah Limousin dan Marche di Prancis bagian selatan tengah. Sapi ini termasuk keturunan Taurus dan merupakan tipe sapi potong yang memiliki perototan lebih baik dibandingkan dengan jenis Sapi Simmental. Jenis sapi ini terkenal akan persentase karkas dan tingkat efisiensi pakannya yang sangat tinggi. Selain itu, sapi ini juga memiliki penampilan fisik yang sangat gagah dan menarik. Terlebih, bobot tubuh dan kepadatan tubuhnya pun mampu mencapai angka tertinggi, yaitu satu ton lebih.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

  1.   Charolais

Sapi Charolais adalah salah satu entitas sapi putih yang berkembang-biak di daratan Eropa sejak 878 M. Bangsa sapi ini pertama kali dibawa oleh seorang peternak bernama Claude Mathieu sekitar tahun 1773, ia berpindah dari wilayah Charolles ke Nievre dan membawa sekumpulan sapi putih yang diberi nama sesuai dengan tempat asalnya, Charolais. Bobot badan yang dimiliki oleh sapi Charolais jantan yang sudah mencapai usia dewasa adalah sekitar satu ton, sedangkan bobot badan sapi Charolais betina dewasa berkisar 750 kg.

Jenis Sapi Jumbo Terbesar Di Dunia

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Sapibagus farm di contact person disini. Kunjungi channel Youtube kami disini untuk melihat vidio informatif lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top