Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo Premium 1 Ton

Lembu Mulyo Farm adalah sebuah perusahaan peternakan yang berlokasi di Jl. Raya Tapos Rt. 003/03, Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Lembu Mulyo Farm memelihara sapi-sapi super mulai bobot 600 kilogram (kg) – 1 ton up. Sapi jumbo premium 1 ton memang banyak diminati pada saat Hari Raya Idul Adha, banyak para pengorban yang memiliki rezeki berlebih dan akhirnya memutuskan untuk berkurban dengan sapi-sapi super 1 ton. Sejak awal berdiri, Lembu Mulyo memang sudah fokus pada pemasaran sapi-sapi besar. Ini dia Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo premium satu ton.

Sapi-sapi super tersebut dipelihara atas dasar kesukaan terhadap kegiatan beternak sapi karena kecintaan terhadap sapi, maka sapi tersebut tumbuh besar dengan sangat baik dan customer merasa puas dengan hasil pemeliharaannya. Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo yang ada di Lembu Mulyo Farm rata-rata sudah dipelihara selama 6 bulan – 1 tahun.

Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo

Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo

Wiwit selaku pemilik Lembu Mulyo Farm mengungkapkan bahwa bakalan sapi super satu ton yang dipilih rata-rata berbobot 600 – 800 kg dan akan dipelihara selama 8 bulan – 1 tahun di Lembu Mulyo Farm. Dengan pemilihan bakalan yang spesifik rasnya memungkinkan sapi untuk tumbuh sampai bobot tubuhnya di atas satu ton. Bakalan diberikan pakan yang telah ditentukan dengan kenaikan ADG 1 -2 kg per hari.

Tips mencari bakalan sapi super adalah bakalan sapi yang berasal dari genetika yang memiliki kemampuan menjadi sapi-sapi super seperti jenis Sapi Limousin atau Simmental. Pastikan bakalan sapi tersebut memiliki struktur pertulangan kaki yang lurus dan besar, memiliki panjang dan tinggi badan yang proporsional, postur kepala tegak dan tulang punggung yang lebar.

Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo

Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo

Penanganan bakalan yang baru datang adalah proses adaptasi pakan dan biasanya pada tahap ini sapi-sapi diberikan pakan sesuai dengan keinginannya atau berupa pakan hijauan saja dan comboran sederhana. Seiring berjalannya waktu, sapi-sapi mulai terbiasa dengan formula pakan yang telah ditentukan. Proses adaptasi pakan ini biasanya akan berjalan selama 1 – 2 minggu.

Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo adalah Jadwal pemberian pakan sapi di Lembu Mulyo sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Pagi hari sapi-sapi akan diberi pakan kering dan hijauan, sedangkan saat sore hari sapi-sapi akan diberi pakan berupa comboran basah. Bahan khusus yang diberikan ialah probiotik sebagai penambah nafsu makan dan menjaga metabolisme tubuh sapi.

Rahasia Memelihara Sapi Qurban Jumbo

Lembu Mulyo Farm sangat menjaga sapi-sapi yang dipeliharanya, bila ada waktu luang, sapi-sapi akan dijemur di bawah matahari. Hal ini dilakukan untuk menjaga stamina tubuh sapi dan membuat sapi-sapi tahan terhadap berbagai macam penyakit. Ada sekitar 12 ekor sapi premium yang dipelihara dengan bobot di atas 800 kg, dan 6 ekor sapi dengan bobot 1 ton.

Namun, dalam beternak sapi pasti saja ditemukan sebuah kendala dan masalah, di Lembu Mulyo masalah yang kerap dihadapi oleh para peternak adalah sapi-sapi yang susah makan. Sapi susah makan adalah gejala awal dari sapi sakit, kondisi seperti ini bisa diatasi dengan pemberian obat luar dan obat suntik.

Dalam bidang pakan, Lembu Mulyo Farm memproduksi pakan konsentrat sendiri di daerah Sukoharjo, Solo, Provinsi Jawa Tengah. Formula utama dari pakan konsentrat ini adalah ampas gandum, onggok, pollard, dan 14 bahan lainnya. Produk konsentrat ini dijual dalam bentuk langsung bisa dipakai.

Sapi-sapi 1 ton yang dipelihara di sana dijual dengan harga yang beragam, faktor yang membedakan harga adalah penampilan fisiknya. Mayoritas pelanggan akan melihat penampilan fisik sapi juga, seperti tanduknya, postur badannya yang proporsional, dan biasa disebut-sebut sebagai ‘Sapi Ganteng’.

Untuk para calon pengorban yang membutuhkan jasa pemotongan hewan di RPH silakan hubungi Sapibagus farm di contact person disini atau datang langsung ke Sapibagus farm yang berlokasi di Komplek Rumah Pemotongan Hewan Tapos, Cimanggis, Kota Depok. Kunjungi channel Youtube kami disini untuk melihat vidio informatif lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top