Kleder Pengawal Kapal Sapi Camara Nusantara

Sahabat Sapibagus pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai klender pengawal kapal sapi tol Laut camara Nusantara 2, Kapal ini telah mengangkut sapi yang berasal dari Pelabuhan Tenau, provinsi Nusa Tenggara Timur menuju ke pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Nah dalam proses pengangkutan tersebut diperlukan seorang pengawal sapi atau Klender, berikut Saya akan mewawancarai Kleder Pengawal Kapal Sapi yang berasal dari Kupang 

Pak Rugu ini merupakan pengawal sapi (kleder) yang berasal dari Kupang. Proses pengawalan sapi dari kendang kemudian dibawa ke tempat karantina untuk diambil sampel darah dengan waktu karantina sapi selama 3 hari, Kleder Pengawal Kapal Sapi menyiapkan stok pakan untuk di kapal setelah itu klender menaikan sapi sampai masuk ke kendang yang berada di dalam kapal dan menyediakan pakan untuk sapi dan air minum tersedia di kapal ternak melalui keran air yang ada pada setiap kandang.

Kleder Pengawal Kapal Sapi Camara Nusantara

Kleder Pengawal Kapal Sapi Camara Nusantara

Tugas utama pengawalan (klender) sapi di dalam kapal yaitu mengawasi sapi agar selamat sampai tujuan. Apabila sapi mengalami gejala stress akan ditangani oleh dokter hewan yang berada di kapal ternak tersebut, disetiap pengangkutan sapi pasti ada saja yang mengalami gejala stress atau sakit.

Lamanya perjalanan dari Pelabuhan Tenau menuju Pelabuhan Tanjung Priok yaitu selama 6 hari perjalanan. Untuk stok pakan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sapi saat di perjalanan harus diperhitungkan.

Saat sampai di tujuan atau Pelabuhan Tanjung Priok, Kleder Pengawal Kapal Sapi hanya menunggu perintah dari pihak kapal ternak untuk mengeluarkan sapi, kemudian pihak kapal ternak akan memasukan sapi ke dalam truk untuk diangkut. Setelah tiba di tujuan sapi akan diikat dan diberi pakan untuk proses pemulihan bobot setelah melakukan perjalanan. 

Kleder Pengawal Kapal Sapi Camara Nusantara

Kleder Pengawal Kapal Sapi Camara Nusantara

Kleder Pengawal Kapal Sapi Camara Nusantara

Saat melakukan pengiriman sapi menggunakan kargo, terdapat sapi yang mati hal ini terjadi karena suhu panas di kapal kargo. Hal ini yang membedakan dengan kapal ternak karena kapal ternak memiliki blower untuk menyejukan tubuh ternak sedangkan kapal kargo tidak disediakan.

Menurut pak Rugu suka dan dukanya menjadi klender kapal ternak selamat 4 tahun yaitu sukanya karena memang sudah keinginan untuk bekerja di kapal ternak dan senang bisa antar sapi ke Jakarta, sedangkan dukanya jika sapi adanya yang mati.

Untuk para peternak yang berminat mengikuti pelatihan bisnis sapi bersama Sapibagus farm bisa langsung mendaftar atau menghubungi contact person disini. Kunjungi channel Youtube kami disini untuk melihat vidio informatif lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top