Ciri Sapi Cukup Nutrisi Untuk Kurban

Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Adha, banyak sekali masyarakat yang sudah membeli hewan kurbannya. Beberapa masyarakat mempercayakan calon hewan kurbannya pada peternakan tempat mereka memesan hewan tersebut, namun ada juga beberapa masyarakat yang memilih untuk memelihara hewan tersebut di rumahnya.

Selama memelihara hewan kurban sendiri, banyak sekali hal yang mesti diperhatikan. Terlebih jika masyarakat tersebut belum memiliki pengalaman pribadi dalam beternak sapi kurban, banyak sekali hal yang mesti diketahui.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Sapi Kurban

Salah satu Ciri Sapi Cukup Nutrisi, yaitu senantiasa memastikan bahwa sapi tersebut terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Pemilik sapi wajib memperhatikan pakan yang akan diberikan, manajemen pemeliharaan, dan kebersihan tempat yang akan dijadikan kandang sementara.

Ciri Sapi Cukup Nutrisi Untuk Kurban

Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan kualitas sapi agar tetap sehat dan prima sebelum disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha nanti.

Beberapa Ciri Sapi Cukup Nutrisi yang menunjukkan bahwa sapi sudah tercukupi nutrisinya adalah :

  1.   Kotoran Atau Feses Tidak Keras Dan Tidak cair.

Apabila pakan yang diberikan berkualitas dan bernutrisi seimbang maka dapat membuat pencernaan lancar sehingga kotoran sapi tidak keras dan tidak cair (memiliki kepadatan sedang).

Ciri Sapi Cukup Nutrisi Untuk Kurban

  1.   Tidur Setelah Makan.

Sapi akan tidur setelah makan untuk melakukan proses memamah biak.

  1.   Kotoran Hampir Tidak Memiliki Bau Menyengat.

Jika menggunakan pakan konsentrat yang sudah difermentasi. Kotoran hampir tidak bau menyengat sehingga bisa langsung digunakan sebagai pupuk/kompos organik.

Masyarakat harus memperhatikan hal-hal tersebut untuk memastikan apakah kebutuhan nutrisi sapinya sudah tercukupi atau belum. Diharapkan masyarakat bisa memelihara hewan kurban mereka dengan sebaik-baiknya, agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menjangkit kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga : Pengolahan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik

Ciri Sapi Cukup Nutrisi Untuk Kurban

Namun, alangkah lebih baik jika sapi-sapi tersebut dipercayakan kepada peternak yang memang memeliharanya sejak awal. Hal ini ditujukan supaya kebugaran sapi tetap terjaga sampai waktu penyembelihan tiba, juga mengurangi tingkat ke-stress-an sapi jika dibawa ke lingkungan yang tidak sesuai.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan menghubungi contact person disini. Kunjungi channel Youtube kami disini untuk melihat vidio informatif lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top