Grebek Kandang Mitra Klaten Alumni Pelatihan Sapibagus

Kali ini sapibagus berkesempatan untuk Grebek Kandang Mitra Klaten yang ada di Kabupaten Klaten provinsi Jawa Tengah yaitu umam Jaya Farm yang dikelola oleh Mbak fetiana salah satu alumni pelatihan sapibagus Angkatan 48. 

Grebek Kandang Mitra Klaten Umam Jaya Farm sudah berdiri sejak tahun 2017. Jenis sapi yang berada disini merupakan persilangan limousin simmental dan pegon. Untuk suplai pejantan diambil dari Pasar Hewan Sumber Lawang, Sragen dan untuk betina untuk breeding didapat dari daerah Cepu. Peternakan Umam jaya memiliki sapi fattening (pejantan) ada sekitar 22 ekor dan sapi breeding (betina) ada sekitar 14 ekor.

Grebek Kandang Mitra Klaten Alumni Pelatihan Sapibagus

Grebek Kandang Mitra Klaten Alumni Pelatihan Sapibagus

Pakan yang digunakan ada dua yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Untuk hijauan ada Jerami padi, rumput odot dan gajah. Untuk konsentrat diberikan dalam bentuk comboran dan pakan diberikan 2 kali dalam sehari. Pakan jerami dicooper terlebih dahulu agar memudahkan sapi saat makan.

Tidak terdapat perlakuan perawatan yang berbeda antara sapi jantan dan sapi betina namun sapi betina dan sapi jantan dipisahkan. Sapi betina dikandangkan pada deret Lorong sebelah kanan dan sapi jantan pada deret Lorong sebelah kiri. Untuk sapi breeding yang ada di Umam Jaya Farm menggunakan IB (inseminasi buatan) yang dilakukan oleh dokter hewan. Sapi – sapi pada Umam Jaya Farm biasanya dikeluarkan pada hari raya Idul Adha besar dengan waktu pemeliharaan sekitar 3 – 4 bulan. Kemudian sapi dipasarkan di wilayah Jakarta.

Grebek Kandang Mitra Klaten Alumni Pelatihan Sapibagus

Setelah mengikuti pelatihan sapi potong di sapibagus banyak informasi yang didapatkan contohnya informasi mengenai manajemen pakan, manajemen Kesehatan, manajemen kandang dan pemasaran, dengan mengikuti pelatihan ini Umam Jaya Farm dapat menerapkan ilmu yang telah dijelaskan oleh para pemateri dan mensharing ilmu kepada anak buah kandang.

Untuk para peternak yang berminat mengikuti pelatihan bisnis sapi bersama Sapibagus farm bisa langsung mendaftar atau menghubungi contact person disini. Kunjungi channel Youtube kami disini untuk melihat vidio informatif lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top