Menjelang Hari Raya Idul Adha, para peternak dan para pedagang hewan ternak pasti sudah mempersiapkan hewan-hewan ternaknya sejak jauh-jauh hari. Sama seperti peternak-peternak lainnya, Sapibagus farm juga pasti mempersiapkan hewan kurbannya, mulai dari proses pemberian pakan, manajemen pemeliharaan, dan pengecekan kesehatan. Semua aspek haruslah diperhatikan dengan sangat baik.

Hal ini dilakukan semata-mata agar para peternak dan pedagang hewan ternak bisa menjual dan menawarkan hewan-hewan ternak terbaik mereka. Hewan qurban mesti memiliki kualitas yang prima dan memenuhi syarat serta ketentuan yang sudah ditetapkan. Berikut adalah koleksi sapi kurban miliki Sapibagus farm yang bisa dipesan oleh para pelanggan :

  1.   Sapi Ongole

Sapi Ongole

Sapi Ongole atau yang biasa disebut dengan Peranakan Ongole (PO) adalah jenis sapi yang berasal dari Pulau Jawa. Jenis sapi ini biasanya diminati oleh para pelanggan karena penampilan fisiknya yang sangat menarik. Sapi Ongole memiliki postur tubuh yang tinggi dan gagah, memiliki punuk dan gelambir yang menjadi ciri khas jenis sapi ini. Selain itu, warna tubuhnya yang putih bersih juga menjadi pertimbangan yang akan menarik perhatian para pelanggan. Ada pula jenis sapi Ongole yang berasal dari Pulau Nusa Tenggara Timut (NTT), jenis Sapi Ongole ini memiliki warna yang unik, yaitu hitam atau belang-belang putih kecoklatan.

Selain karena penampilan fisiknya yang menarik, Sapi Ongole juga banyak diminati karena keunggulan yang ia miliki. Ongole merupakan jenis sapi yang sangat adaptif terhadap lingkungan dan pakan sehingga pertumbuhannya akan tetap maksimal meski berada di lingkungan dengan cuaca ekstrim dan diberikan pakan seadanya.

Sapi ini memiliki ADG rata-rata sekitar 0,8 – 1 kilogram (kg) per hari. Bobotnya sekitar 300 – 800 kilogram. Sapibagus memiliki koleksi Sapi Ongole dengan bobot kisaran 300 – 700 kg dan dibanderol dengan harga mulai Rp. 20 jutaan.

 

  1.   Sapi Bali

Sapi Bali

Sesuai dengan namanya, jenis sapi ini berasal dari Pulau Bali dan merupakan sapi lokal asli Indonesia. Namun, ada juga jenis Sapi Bali  yang berasal dari Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT) yang biasa dikenal sebagai Sapi Bali Kupang. Jenis sapi ini juga banyak diminati karena penampilan fisiknya yang menarik dengan tanduk yang runcing dan tubuh yang bulat,warna tubuh Sapi Bali jantan adalah hitam.

Sapi Bali juga terkenal dengan kualitas dagingnya yang premium sehingga banyak diminati ketika Hari Raya Idul Adha. Sapibagus farm memiliki koleksi Sapi Bali dan Bali Kupang dengan bobot mulai dari 250 – 500 kilogram (kg) dan dibanderol dengan harga mulai Rp. 17 jutaan.

  1.   Sapi Madura

Sapi MAdura

Sama seperti Sapi Bali, Sapi Madura juga berasal dari Pulau Madura dan merupakan sapi lokal asli Indonesia. Secara fisik, jenis sapi ini memang terlihat seperti perpaduan antara Sapi Bali dan Sapi Ongole karena Sapi Madura memiliki punuk, pantat dengan corak putih, dan tanduk yang tidak terlalu runcing. Warna tubuhnya adalah coklat kemerahan. Selain itu, Sapi Madura juga termasuk sebagai sapi acuan sehingga memiliki bentuk perut yang lampis (sixpack).

Sapibagus farm memiliki koleksi Sapi Madura dengan bobot kisaran 300 – 450 kilogram dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 20 jutaan.

  1.   Sapi Limousin dan Simmental

Kedua jenis sapi ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Keunggulan yang dimiliki oleh sapi-sapi super ini adalah mampu menghasilkan karkas daging yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sapi lain, kisaran di atas 50 persen. Selain itu, sapi-sapi dengan bobot premium ini juga memiliki kualitas daging yang relatif lebih baik karena diberikan pakan yang mengandung serat tinggi seperti hijauan dan pakan tambahan berupa konsentrat.

Sapibagus farm memiliki koleksi sapi-sapi persilangan eksotik dengan bobot premium ini mulai dari 400 kg – 1 ton dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 24 jutaan.

             Semua jenis sapi ini memiliki persentase karkas rata-rata diatas 50% dari bobot tubuhnya. Kesehatannya sudah pasti terjamin karena rutin dicek oleh Dinas Peternakan setempat. Bagi para pelanggan yang berminat membeli sapi kurban, bisa menghubungi call centre Sapibagus farm berikut ini  (…) atau datang langsung ke Sapibagus farm yang berlokasi di Komplek Rumah Pemotongan Hewan Tapos, Cimanggis, Kota Depok.

             Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan klik di sini (…)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.