Pemberian obat cacing kepada sapi memang sangat penting, untuk menghindari sapi dari penyakit cacingan yang akan mengganggu proses pertumbuhannya. Maka dari itu, edukasi perihal cara pemberian obat cacing pun harus diberikan kepada para petani dan peternak agar mereka bisa melakukannya sendiri di kandang.  Berikut adalah cara pemberian obat cacing pada sapi.

Jenis obat cacing untuk hewan ternak tersedia dengan sangat beragam, mulai dari obat cacing tablet, cair atau injeksi, dan bubuk atau sachet.  Masing-masing jenis ini memiliki keunggulannya masing-masing, tetapi jenis obat cacing yang dijual dengan harga terjangkau adalah jenis bubuk atau sachet. Jenis obat cacing yang satu ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis obat cacing lain.

Selain itu, obat cacing bubuk juga aman diberikan kepada sapi-sapi indukan yang sedang bunting karena mereka cenderung tidak akan mengganggu janin sapi yang sedang dikandung. Pemberian obat cacing bubuk ini dilakukan secara rutin dengan jangka interval waktu 3-4 bulan.

Obat cacing bubuk dengan berat 25 gram ini mengandung Albendazole sebanyak 25 persen, cocok diberikan pada sapi, kambing dan domba, kuda, dan kerbau. Untuk sapi-sapi dengan bobot sekitar 200 kilogram (kg) berikan sebanyak setengah sachet. Namun, untuk sapi-sapi dengan bobot 400 kilogram, berikan satu sachet penuh dan berikan sebanyak satu setengah sachet kepada sapi-sapi yang memiliki bobot di atas 400 kilogram.

Untuk proses pemberian obat cacing ini, masukkan obat cacing bubuk ke dalam botol atau alat khusus yang digunakan untuk mencekoki obat. Isi botol hingga setengah atau penuh, menyesuaikan dengan jumlah obat cacing bubuk yang digunakan. Kemudian, kocok hingga obat terurai dan bercampur dengan sempurna, baru berikan ke mulut sapi.

Pemberian obat cacing pada sapi ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan sapi, terutama sebagai upaya pencegahan penyakit cacingan yang biasanya disebabkan oleh kesalahan para peternak dalam memberikan pakan dan tidak memelihara kebersihan kandang dengan baik. Penyakit cacingan ini akan menghambat proses pertumbuhan sapi menjadi lebih lambat karena cacing-cacing yang bersarang akan menyerap saripati pakan ternak yang sudah dikonsumsi.

Penyakit cacingan juga dapat merusak organ dalam pada tubuh sapi seperti sistem pencernaannya, paru-paru, hati, bahkan saluran darah sapi. Maka dari itu, para peternak harus melindungi sapi-sapi mereka dari penyakit yang satu ini. Pembelian obat cacing sapi bisa dilakukan dengan menghubungi call centre Sapibagus farm berikut ini (…)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.