Konsentrat adalah suatu bahan pakan yang dipergunakan bersama bahan pakan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan makanan dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen (pelengkap) atau pakan pelengkap. Konsentrat terdiri dari campuran jagung, dedak halus, bungkil kelapa dan tepung ikan. Kualitas pakan konsentrat komersial buatan pabrik berupa pellet memiliki kandungan protein yang tinggi. Pakan konsentrat merupakan susunan pakan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap.

Pakan konsentrat harus terdiri dari beberapa komponen bahan pakan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ternak seperti serat, energi, protein, mineral dan vitamin. Pakan konsentrat disusun dari beberapa bahan baku pakan yang tersedia di lingkungan kandang peternak. Pada proses pemilihan bahan baku, peternak harus memperhatikan kualitas pakan karena kualitas pakan sangat tergantung dengan kualitas bahan baku. Pemilihan bahan baku harus memastikan bahan pakan dalam kondisi bagus. Bahan baku pakan berasal dari limbah pertanian dan limbah agroindustri yang memiliki kandungan nutrien yang cukup dan harganya murah. Bahan baku yang akan diterima harus melewati beberapa tahap pemeriksaan sebelum disimpan di dalam gudang.

Pemilihan bahan baku merupakan kunci utama dalam membuat pakan yang berkualitas karena hal tersebut sangat menentukan kualitas pakan konsentrat. Bahan baku yang umum digunakan untuk pakan ternak adalah jagung, dedak, bungkil kedelai dan tepung ikan. Bahan baku terdiri dari sumber serat seperti limbah pertanian dan kulit biji polong, sumber energi seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, sumber protein seperti bungkil dan bekatul, sumber mineral seperti tepung ikan dan garam, sumber vitamin seperti umbi-umbian.

Adapun fungsi konsentrat antara lain sebagai sumber energi dan sumber protein bagi ternak; meningkatkan kandungan gizi dalam pakan; menambah bobot badan ternak; pemberian pakan menjadi lebih efisien; memenuhi kebutuhan ternak tidak hanya berasal dari tumbuh-tumbuhan, tetapi juga bisa berasal dari hewan; efektif untuk masa pertumbuhan dan produksi; Selain unggas, digunakan juga untuk masa kebuntingan maupun saat menyusui bagi induk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.