Rahasia Sukses Breeding Industri Peternakan Sapi

Usaha breeding atau pembibitan sapi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia peternakan Indonesia, karena usaha inilah yang akan menentukan sedikit atau banyaknya populasi sapi di Indonesia dan sukses atau tidaknya swasembada daging sapi.

Hal ini lah yang dilakukan oleh salah satu dari sekian banyak feedloter dan breedloter di Indonesia, PT Lembu Jantan Perkasa. Perusahaan ini sudah menekuni bidang breeding sapi sejak tahun 2004 lalu, dengan berbagai upaya akhirnya mereka sukses menekuni bidang tersebut.

Breedloter yang satu ini menerapkan banyak sistem manajemen pemeliharaan dan pemberian pakan yang baik, sehingga sapi-sapi yang dilahirkan disana sangat baik dalam hal kualitas dan kuantitas. Sejak tahun 2010, sapi yang dihasilkan dikirim ke mitra plasma sudah mencapai 800 ekor.

Dalam manajemen pemeliharaan untuk breeding, mereka menerapkan pemisahan kandang kepada setiap ekor sapi sesuai kelas-kelasnya. Sapi-sapi indukan yang sedang bunting pun harus dipisahkan sesuai dengan usia kebuntingan masing-masing indukan, untuk mengurangi resiko terinjaknya indukan yang sudah bunting tua.

Sapi bunting tua biasanya dipisahkan dari kandang ketika usia kebuntingannya sudah mennginjak 1 bulan sebelum kelahiran. Kemudian akan dipindahkan lagi ke kandang beranak ketika H-3 hari menuju kelahiran.

Truk Rumput BIB Lembang

Manajemen pakan pun harus diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi gangguan kesehatan atau kekurangan gizi pada ternak sapi. Pemberian pakan disesuaikan dengan kategori dan jenis-jenis sapi, karena kondisi rumen ternak yang berbeda-beda. Dengan manajemen pakan yang baik, tingkat kesehatan dan produktivitas sapi pun akan semakin tinggi.

Manager Breeding PT Lembu Jantan Perkasa mengatakan bahwa dalam beternak harus dengan hati, jika diberi hati maka ternak pun akan memberikan timbal balik yang bagus pada kita. Maksud dari beternak dengan hati adalah kita harus mencintai profesi kita sebagai peternak dan mencintai hewan ternak kita.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan menghubungi contact person disini. Kunjungi channel Youtube kami disini untuk melihat vidio informatif lainnya.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top