Penyediaan Hewan Qurban di 5 Negara

Prosesi penyembelihan hewan Qurban atau yang biasa disebut Idul Adha merupakan salah satu momen besar bagi para peternak di seluruh dunia, khususnya negara-negara mayoritas Muslim. Jumlah konsumen yang memesan sapi akan membludak, sehingga para peternak wajib menyediakan pasokan hewan Qurban yang banyak dengan kualitas yang baik.

Tak Cuma di Indonesia, negara-negara lain di seluruh dunia juga ikut merayakan Hari Raya Qurban dengan tradisinya masing-masing. Seperti Indonesia yang biasa menyembelih hewan Qurban berupa sapi atau kambing di sebuah lapangan luas atau di pekarangan masjid dan disaksikan para warga, beberapa negara di dunia juga memiliki ciri khasnya tersendiri.

Di Negara Saudi Arabia misalnya, Hewan Qurban yang paling banyak di sembelih adalah kambing. Kambing-kambing Qurban dibawa dari beberapa daerah di luar Mekkah, kemudian dibawa menggunakan mobil menuju ke Maslah atau tempat penyembelihan hewan. Kemudian para warga dan para pendatang yang sedang melaksanakan haji akan menyaksikan bersama-sama prosesi penyembelihan hewan Qurban dengan iringan do’a dan takbir.

 Hewan Qurban di Saudi Arabia terbilang sangat banyak, karena selain Qurban milik warga, para pendatang yang sedang melaksanakan haji juga ikut menyumbangkan hewan Qurban untuk di sembelih di Mekkah Al-Mukaromah.

Sedangkan di Negara Turki, Hewan Qurban yang paling banyak disembelih adalah sapi. Sama seperti di negara-negara lain, prosesi penyembelihan diiringi dengan do’a dan takbir. Hanya saja prosesi penyembelihan hewan di  Negara ini dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan. Proses pengulitan dan pemotongan dagingnya juga menggunakan beberapa mesin khusus yang sudah dirancang khusus untuk penyembelihan.

Setelah prosesi penyembelihan dan pemotongan selesai, daging Qurban akan dikemas menggunakan kardus dan akan dibagikan kepada warga kurang mampu yang sudah mengantri di kampung-kampung.

Kemudian di Negara Pakistan hewan Qurban yang banyak disembelih adalah sapi. Sama seperti di Indonesia, Prosesi penyembelihan juga dilangsungkan di pekarangan masjid atau di tanah lapang dan disaksikan oleh warga sekitar.

Di Negara Malaysia juga lebih banyak menyembelih sapi, hanya saja prosesi penyembelihan di Malaysia ini dilangsungkan di pinggir jalan raya dan disaksikan oleh warga sekitar.

Sedangkan di Negara benua terkecil di dunia alias Australia, lebih banyak menyembelih hewan Qurban berupa domba, prosesi penyembelihan dan pemotongan juga dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan. Dengan menggunakan alat-alat khusus dan dilakukan oleh para stuff ahli pula. Sama seperti di Turki, daging Qurban yang dihasilkan pun dikemas dengan rapi baru dikirim kepada warga-warga yang membutuhkan.

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi klik disini

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top