Update
Todays Date
22 February 2018

Mesin Pencacah Hijauan Permudah Dalam Penyediaan Pakan Ternak

Mesin pencacah rumput adalah alat yang digunakan untuk mencacah atau mengecilkan ukuran aneka macam rumput seperti rumput kolonjono, batang jagung, rumput gajah ataupun jerami. Ukuran cacahannya biasanya antara 0,2-1 cm. Sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cacahan rumput ini bisa langsung dikasihkan ke ternak atau juga bisa melalui difermentasi. Hasil Cacahan rumput tersebut banyak digunakan untuk pakan ternak, atau bisa digunakan sebagai campuran pembuatan kompos organik.

Dalam penggunaan pakan hijauan pada ternak seperti rumput, daun-daunan dan bentuk batang yang lembut sangat lah mudah untuk dicari di sekitar kita. Tetapi bila pemberiannya masih dalam bentuk rumput utuh kurang efektif dalam pemberian ke ternak karna mudah terbuang dan tersisa. Semua bahan yang keras dan sulit tersebut dibantu dicacah dengan menggunakan mesin pencacah rumput , lagu bagaimana cara kerja mesin pencacah rumput tersebut.

Mesin Pencacah rumput

Mesin pencacah rumput ini memiliki ruang giling dengan pisau berputar dengan poros pada sisi dalamnya. Rangkaian pisau tajam berbahan stainless steel yang bekerja secara berangkaian inilah yang mencacah rumut sehingga menjadi potongan kecil. Bahan stainless steel ini membuat mesin menjadi lebih tahan lama dan tahan getah tanpa membentuk kerak. Semakin padat pisau dalam ruang giling maka semakin kecil cacahan rumput yang akan mesin ini hasilkan. begitu pula semakin cepat mesin ini bekerja maka hasil cacahan juga akan lebih halus.

Setelah rumput-rumput dimasukan ke dalam copper , maka di dalam box penggiling sudah dilengkapi dengan pisau yang ditempel pada AS, maka ketika as berputar maka pisau juga akan ikut berputar , dan perputaran as tersebut digerakkan oleh sumber tenaga baik itu dari mesin dieselmotor litrik atau motor bensin. Cara kerja dari mesin pencacah rumput ini berdasarkan pisaunya.

Mesin Pencacah Rumput

Pada gambar diatas merupakan salah satu jenis pisau dari mesin pencacah rumput, pada mesin ini semua pisau di ikat pada as , maka ketika as berputar , secara otomatis pisau akan juga ikut bergerak, gerakan pisau yang tertanam pada as tersebut akan menebas atau memotong setiap rumput yang dimasukkan melalui hoper, sehingga rumput akan terpotong menjadi kecil. Karena mesin pencacah rumput otomatis rumut akan lebih halus dan semakin memudahkan ternak dalam mencerna pakan mereka.

No Comment

Leave a Reply

*

*

Real Time Web Analytics