In-house Training

 

Badan Kepegawaian Negara adakan Pelatihan Ternak Sapi


Untuk mempersiapkan masa pensiun (MPP) bagi para pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang sudah mengabdi lebih dari 30 tahun, dengan bekerjasama Bank BTPN telah menyelenggaraka pelatihan ternak sapi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dunia bisnis kepada para karyawan yang memasuki MPP, diharapkan setelah masa pensiun masih ada kegiatan yang bisa memberi manfaat secara materil dan sepirituil.

Dalam kegiatan pelatihan ini disisi dari nara sumber Trubus yaitu bidang tanaman buah dan sayur, sedang dunia peternakan dari Sapibagus yang menyampaikan prospek bisnis sapi potong, yang dibawakan langsung oleh Edy Wijayanto. Acara tersebut diselenggarkan di kawasan Cimanggis dan Tapos, Kota Depok. (21/02/18).

Bagi pembisnis yang baru buka usaha, bukan hanya perlu mengetahui ilmu dan menguasai bidang usaha yang digeluti tetapi penting adanya mentor yang selalu mendampingi dalam usahanya. Ini sangat penting karena, mentor adalah orang yang sudah berhasil dalam bisnis dibidangnya, yang sudah mengetahui pola bisnis, jaringan dan suka dukanya.

"Mentor adalah orang yang sudah berhasil dalam bisnis dibidangnya, yang sudah mengetahui pola bisnis, jaringan dan suka dukanya."

 
Tujuan utama pelatihan ternak sapi ini adalah bagaiman merubah pola pikir para karyawan, yang selama ini menjalankan pekerjaannya penuh dengan kepastian, artinya pasti jam kerjanya, pasti gajinya, jelas urian pekerjaannya dan standar prosedur operasinya. Namun dalam memulai usaha justru sebaliknya yaitu penuh dengan ketidak patian, tentang jam kerjanya, belum tentu untung dan semua dikerjakan sendiri, karena belum pengalaman membangun sistem, bahkan harus siap mental menghadapi kebangkrutan. Demikian disampaikan Founder Sapibagus, Edy Wijayanto, dihadapan 40 peserta pelatihan yang berasal dari kantor cabang BKN di beberapa kota besar.

Selain penjelasan bisnis di kelas, acara pelatihan ini dilanjutkan tinjauan ke Sapibagus Farm di Komplek Rumah Pemotongan Hewan Tapos. Para peserta mendapat penjelasan yang cukup komplit, mulai bagaimana mendapatkan bibit sapi, memeliharan dan membuat pakan, menjaga kesehatan dan sekaligus pemasarannya. Momen yang sangat menarik di bisnis sapi potong ini adalah saat menjelang Idul Adha, karena permintaan sapi qurban cukup banyak dan hanya sapi-sapi lokal yang bisa digunakan untuk keperluan hewan qurban. Sapibagus memberi kesempatan kepada para peserta pelatihan untuk bekerjasama menjadi reseller sapi qurban dan kambing qurban.

 

 

Dokumentasi

Formulir Pendaftaran In House Training