Update
Todays Date
22 February 2018
Sapi-Birahi-Kawin

CARA SUPAYA SAPI BETINA CEPAT BIRAHI

Selain penggemukan sapi, sebagian besar peternak dan petani juga memilih beternak sapi dengan memelihara sapi betina. Cara ini termasuk cara yang paling banyak dijalani oleh para petani. Guna mengejar target angka kelahiran sapi, maka dibutuhkan sapi induk yang produktif. Tidak semua sapi induk memiliki sifat yang demikian, hingga dibutuhkan berbagai cara untuk membuat birahi sapi muncul sehingga siap kawin.

Sapi-Birahi-Kawin

Kesuburan sapi betina sebenarnya dipengaruhi banyak faktor. Salah satu yang bisa dilakukan oleh peternak sendiri dalam meningkatkan produktifitas sapi adalah dengan cara peningkatan kualitas pakan dan kesehatan sapi serta pengelolaan reproduksi sapi yang baik.

BACA:  KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MELAKUKAN INSEMINASI BUATAN (IB)

Edy Wiayanto, pemilik peternakan sapibagus mengatakan, “ada cara alami yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kesuburan dan produktifitas sapi. Salah satunya beri daun2 leguminosa yg sudah dilayukan semalam/dipotong kemarin, perlu dibiasakan dengan awalnya perlu dipaksa untuk mau makan daun2 leguminosa (kaliandra, gliricidea, turi, jerami kacang tanah/kedelai segar, dsb)”.

hijauan-indigofera-zoolingeriana-320x180

Body Condition Score (BCS) merupakan suatu tehnik penilaian yang membantu peternak dalam menilai tingkat perlemakan atau kegemukan. “Kisaran angka untuk menilai yaitu 1-9, berdasarkan bentuk dan konformasi tubuh (bukan berdasarkan bobok atau berat hidup). BCS diberikan berdasarkan pada perlemakan pada brisket, iga, punggung, pinggul, tulang duduk dan pangkal ekor. BCS pada sapi pedaging yang optimal adalah 5-6”, ujarnya.

Apabila berhasil, maka dari alat kelaminnya akan keluar lendir atau disebut sruweh. Saat itulah sapi siap kawin. Cara ini merupakan cara yang paling aman dan mudah dilakukan. Bila dengan cara tersebut belum berhasil, maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan sapi. “Nanti perlu dianalisis melalui pemeriksaan klinis alat reproduksi. Jika karena kelainan hormon, maka bisa juga diberikan terapi hormon,” lanjutnya.

No Comment

Leave a Reply

*

*

Real Time Web Analytics