Update
Todays Date
17 December 2017

Tantangan Peternakan Nasional Menghadapi Serbuan Produk Impor

Tantangan produk impor peternakan menjadi  sektor paling serius dalam memajukan kedaulatan pangan di Indonesia. Oleh karena itu ASOHI memberikan tema seminar ini yaitu Tantangan Peternakan Nasional Menghadapi Serbuan Impor.

Dr. Erwidodo sebagai peneliti Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kmentrian Pertanian RI, mengatakan ada beberapa tantangan sektor peternakan antaranya; daya saing usaha peternakan yang rendah, persaingan semakin ketat di era perdagangan global, penerapan strategi subtitusi impor yang berlangsung begitu lama, dan kekalahan Indonesia dalam proses penyelesaian sengketa dagang di WTO.

Untuk itu untuk menghadapi tantangan tersebut harus merubah pola pikir dan kebijakan yang meningkatkan daya saing sektor peternakan seperti, menfasilitasi peningkatan efisiensi produksi (meningkatkan produktivitas dan kualitas, menurunkan biaya prouksi, menjamin kontinuitas produk), memfasilitasi peningkatan efisiensi pasca panen, peningkatan efisiensi pemasaran dan sistem logistik, meningkatkan daya saing perekonomian lewat iklim usaha dan investasi yang kondusif.

Perlindungan kepada peternak kecil dan pasar domestik sesuai aturan WTO, serta kekalahan sengketa dagang produk peternakan perlu menjadi pembelajaran dalam perumusan kebijakan pembatasan impor produk peternakan kedepan.

No Comment

Leave a Reply

*

*

POPULAR POSTS

Real Time Web Analytics