Update
Todays Date
24 March 2017
probiotik-ternak-sapi
PROBIOTIK UNTUK TERNAK

MANFAAT PROBIOTIK UNTUK TERNAK SAPI

Probiotik adalah suplemen pakan dari bakteri hidup yang memberikan keuntungan terhadap ternak dengan meningkatkan keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan. Manfaat probiotik untuk ternak yang digunakan dalam ransum pakan akan meningkatkan daya cerna dalam rumen ternak. Probiotik adalah mikroba atau mikroorganisme yang hidup pada media tertentu, kemudian digunakan pada ternak melalui pakan, untuk membuat keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaannya.

probiotik-ternak-sapi

PROBIOTIK UNTUK TERNAK

Probiotik yang ditambahkan dalam pakan ransum, dari berbagai hasil penelitian mampu menambah berat badan ternak. Karena probitik ini mampu membuat mikroorganisme postif bekerja pada keadaan yang optimal, jadi pakan akan lebih gampang dicerna dan diserap dan meningkatkan kadar protein dalam pakan untuk membantu pertumbuhan. salah satu produk probiotik yang sering ditemukan EM4.

BACA:  MENINGKATKAN KUALITAS NUTRISI JERAMI PADI DENGAN FERMENTASI

Biasanya untuk mnekan biaya pakan makai mutu yang dihasilkan rendah, oleh sebab itu kita memerlukan suplemen tambahan yang bisa meningkatkan kinerja fungsi rumen, yaitu dengan menggunakan probiotik khususnya yang terdapat bakteri selulolitik yang tinggi. Komposisnya Nutrisi yeast dan bakteri pengurai serat kasar, serta microorganisme pengurai serat kasar Saccharomyces Sp, Lactobaccillus Sp, dan Stapylococcus Sp. Dengan penggunaan probiotik. serat kasar (SK) akan diturunkan, Protein Kasar (PK) akan dinaikkan, dan TDN (daya cerna) akan meningkat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat probiotik untuk ternak:

Meningkatkan produksi asam lemak terbang/VFA (Volatile Fatty Acid : Propionate, Butirate, acetate) yang mana propionate akan diubah menjadi lemak intramusculer, sedangkan butirate dan acetate akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi basal untuk hidup

sapi-peranakan-ongole-po

 

– Meningkatkan nilai kecernaan makanan yang mengandung serat kasar

– Menghilangkan bau amonia pada feces

– Meningkatkan sistem imunitas ternak

РMembantu meningkatkan pertumbuhan berat badan  dan meningkatkan produktiv susu

– Berkompetisi terhadap bakteri patogen yang merugikan

– Memperbaiki kualitas pakan dengan meningkatkan kadar protein

Probiotik ini biasa digunakan dalam proses fermentasi berbagai macam limbah pertanian dan agroindustri, seperti jerami padi, jerami jagung, ampas tahu, bekatul, kulit kakau, bungkil sawit, dan lain-lain. Probiotik dapat juga digunakan pada proses silase, seperti pada rumput gajah.

JERAMI FERMENTASI

JERAMI FERMENTASI

Proses pembuatan fermentasi menjadi sangat terkenal dalam dunia peternakan, karena teknologi ini sudah memberikan manfaa yang cuku banyak untuk peternak. Selama ini dikalangan masyaraka kita hanya fermentasi hanya dikenal untuk membuat minuman saja. Padahal tidak, fermentasi juga dapat dimanfaatkan untuk proses pembuatan pakan yang mempunyai kualitas yang cukup tinggi. Pembuatan fermentasi sangat gampang, dan tentunya hal yang sangat penting dari proses fermentasi yaitu menghemat biaya, waktu tidak terlalu banyak untuk memotong rumput atau mengangon ternaknya

 

No Comment

Leave a Reply

*

*

POPULAR POSTS

Real Time Web Analytics