Update
Todays Date
23 August 2017
pollard-tepung-gandum-bahan-pakan-ternak
pollard-tepung-gandum-bahan-pakan-ternak

KANDUNGAN BAHAN PAKAN TERNAK POLLARD (TEPUNG GANDUM)

POLLARD (dedak gandum-Triticum sativum lank), adalah produk samping dari proses milling gandum , yang berguna sebagai bahan baku untuk pembuatan produk pakan ternak karena memiliki kadar protein dan nutrisi yang tinggi Angka konversi pollard dari bahan baku sekitar 25-26%. Pollard merupakan pakan yang popular dan penting pada pakan ternak karena palatabilitasnya cukup tinggi.

pollard-tepung-gandum-bahan-pakan-ternak

pollard-tepung-gandum-bahan-pakan-ternak

Pollard tidak mempunyai antinutrisi, tetapi penggunaan pollardperlu dibatasi mengingat adanya sifat pencahar yang ada pada pollard. Karena adanya sifat pencahar tersebut, maka pollard akan bernilai sangat baik apabila diberikan ada ternak-ternak dara.

Secara kualitatif kualitas pollard dapat diuji dengan menggunakan uji bulk density ataupun uji apung. Bulk density pollard adalah 208,7 g/l. Bulk density yang besar atau lebih kecil dapat berarti adanya kontaminasi atau pemalsuan. Makin banyak pollard yang mengapung, makin banyak sekam yang terdapat pada pollard tersebut. uji flouroglucinol dapat dipakai untuk menguji sekam pollard. Selain itu juga uji organoleptik seperti tekstur, rasa, warna dan bau dapat dipakai untuk mengetahui kualitas pollard yang baik.

Pollard merupakan salah satu pakan ternak yang popular dan nilai produksi yang dihasilkan nampaknya lebih besar daripada yang diperkirakan dari kandungan protein dan kecernaan nilai zat makanannya. Pemberian pollard biasanya dicampur dengan butiran dan dengan pakan yang kaya akan protein seperti bungkil-bungkilan. Pollard mempunyai nilai yang tinggi ketika dipakai lebih dari seperempat bagian konsentrat.

Kualitas protein pollard lebih baik dari jagung, tetapi lebih rendah daripada kualitas protein bungkil kedelai, susu, ikan dan daging. Pollard kaya akan phosphor (P), feerum (Fe) tetapi miskin akan kalsium (Ca). pollard mengandung 1,2 9% P, tetapi hanya mengandung 0,13% Ca. bagian terbesar dari P ada dalam bentuk phitin phosphor. Polaard tidak mengandung vitamin A atau vitamin, tetapi kaya akan niacin dan thiamin.

Komposisi dari pollard adalah sebagai berikut :

  • bahan kering : 88,4%
  • lemak kasar : 5,1%
  • protein kasar : 17%
  • BETN : 45%
  • serat kasar : 8,8%
  • abu : 24,1%

Pollard ini banyak dipergunakan dibidang industri pakan ternak, peternakan sapi, Industri bahan baku pangan.
Harga Pollard:

Pesan di bawah 750 kg = Harga Rp 4.000./kg.
Pesan 750 kg – 1.000 kg = Harga Rp 3.750./kg
Pesan Diatas 1.000 kg = Harga Rp 3.500./kg.

Note: Harga belum termasuk ongkos kirim.

Info & Pemesanan:

Adi: 0811-1757-080
Dian: 0821-2727-0221
Edy: 0816-966-247
Email: sales@sapibagus.com

 

No Comment

Leave a Reply

*

*

Real Time Web Analytics