Update
Todays Date
22 January 2017
pembukaan-kongres-16-asosiasi-peternakan-indonesia
pembukaan-kongres-16-asosiasi-peternakan-indonesia

KOMISI IV DPR TERIMA RUMUSAN DAN REKOMENDASI KONGRES PETERNAKAN

pembukaan-kongres-16-asosiasi-peternakan-indonesia

pembukaan-kongres-16-asosiasi-peternakan-indonesia

Setelah selesai mengadakan perhelatan akbar Kongres Peternakan Rakyat (28/11/16). 16 asosiasi diterima oleh ketua komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi. Di ruang rapat Komisi IV gedung DPR Senayan Jakarta. Rumusan dan Rekomendasi kongres isinya sebagai berikut:

BACA: TERBENTUKNYA DEWAN PETERNAK RAKYAT NASIONAL

  1. Pemerintah perlu memperhatikan eksistensi atau keberadaan peternak rakyat yang umumnya masuk golongan usaha mikro, kecil dan menengah yang jumlahnya jutaan orang dan mengais hidupnya dari usaha peternakan. Dengan dibentuknya wadah koperasi
  2. Pemerintah harus segera mencabut UU No. 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan juga UU No. 41/2014 tentang Perubahan Atas UU No.18/2009. Selanjutnya pemerintah dan DPR membuat Undang – Undang yang melindungi peternak rakyat.
  3. Pemerintah harus segera menghentikan impor ternak atau produk ternak ruminansia dari Negara yang statusnya tertular atau belum bebas dari Penyakit Hewan Menular Utama khusunya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Karna berbahaya dan menimbulkan distorsi pasar.
  4. Pemerintah juga harus menghentikan impor ternak dan produk ternak lainnya yang sebenarnya peternak rakyat tanah air kita ini mampu memproduksinya, sehingga pemerintah tidak terkesan tunduk begitu saja terhadap perdagangan bebas.
  5. Pemerinta perlu segera menerbitkan berbagai payung hukum sebagai pengganti payung hukum yang dibatalkan tahun 1997.
  6. Pemerintah harus memanfaatkan secara maksimal sumber daya genetik asli Indonesia untuk mengurangi komoditas impor.
  7. Pemerintah harus segera menata industri peternakan yang berbasis kepentingan peternakan rakyat.
  8. Mendeklarasikan pembentukan Dewan Peternakan Rakyat Nasional yang selanjutnya berperan sebagai mitra utama pemerintah maupun DPR-RI.
  9. Menetapkan 28 Novmber sebagai Hari Peternakan Rakyat Nasional dan akan diperingati secaara nasional oleh seluruh pemangku kepentingan peternakan.
tuntutan-orasi-peternak-rakyat

tuntutan-orasi-peternak-rakyat

Dalam sambutannya ketua Komisi IV DPR mengungkapkan bahwa rekomendasi ini akan dijadikan bahan rapat kerja dengan pemerintah yaitu Kementrian Pertanian. Viva Yoga Mauladi sangat menghargai inisiatif para asosiasi peternak rakyat untuk membentuk Dewan Peternakan Rakyat Nasoknal.

No Comment

Leave a Reply

*

*

POPULAR POSTS

Real Time Web Analytics